12 Contoh SPJ dan Format Cara Membuat SPJ yang Benar

Contoh SPJ – Suarat Pertanggungjawaban atau yang lebih sering disebut dengan SPJ merupakan sebuah dokumen yang sangat penting keberadaannya. Bahkan dalam prakteknya SPJ sendiri kerap digunakan dalam instansi pemerintahan, perusahaan atau bahkan bidang lain yang sangat menjunjung prinsip transaparasi dan akuntabilitas.

Selain itu bukan istilah SPJ sendiri juga masih bibedakan menjadi beberapa bagian sesuai dengan jenis bidang yang terkait. Seperti halnya SPK Bos, SPJ Perjalanan Dinas, SPJ Dana Desa, dan juga SPJ Pengadaan Barang dan Jasa serta SPJ Proyek dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dalam penggunaannya SPJ merupakan salah satu bentuk laporan dokumen SPJ yang telah disusun rapi dengan menggunakan format SPJ. Yang diman  format SPJ tersebut sudah sudah disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan dokumen SPJ serta telah ditatausahakan dengan dokumen perancangan anggaran.

Nah dari banyaknya jenis SPJ yang ada di Indonesia, pada kesempatan kali ini tigasiku.com akan memberikan contoh SPJ, Format SPJ dan cara membuat SPJ yang baik dan benar untuk kebutuhan dana desa. Jadi bagi kalian yang penasaran seperti apa dokumen SPJ itu silahkan simak dibawah ini.

Contoh SPJ dan Format Cara Membuat SPJ yang Benar

Contoh SPJ dan Format Cara Membut SPJ yang Baik

Didalam penggunananya SPJ benar-benar bisa digunakan sebagai bukti transaprasi dan akuntabilitas dari sebuah pemerintah desa kepada para masyarakat sekitar. Dengan begitu adanya SPJ ini tidak akan membuat kesalahpahaman yang besar.

Apa Itu SPJ ?

Sebelum masuk pada tahap pembahasan mengenai cara membuat laporan contoh SPJ yang baik dan benar. Mungkin kalian perlu tahu lebih dulu apa yang dimaksud SPJ.

Seperti yang sudah kami singgung diatas, SPJ atau kepanjangan dari Surat Pertanggungjawaban adalah dokumen surat yang dibuat dengan tujuan sebagai bukti laporan berkaitan dengan kelengkapan administrasi pertanggungjawaban dari penatausahaan keuangan yang sudah digunakan atau juga sebagai laporan hasil realisasi kegiatan yang bersifat teknis dan khusus.

Format SPJ Dana Desa

Dalam penggunaannya di instansi pemerintahan desa, penggunaan format SPJ yang baik tentu akan menjadikan hasil akhir akan semakin sempurna.  Dan biasanya dalam pembuatan laporan SPJ untuk pemerintah desa menggunakan format yang sederhana.

Yang dimana dalam pembuatan SPJ Dana Desa ini format yang harus adalah yaitu Kop Laporan, kemudian isi laporan yang meliputi Nomor, Nama, NPWP, Jabatan, Perincian, Jumlah, Pph, Pasal, kemudian Jumlah yang dibayarkan serta Tanda Tangan.

Cara Membuat SPJ Dana Desa

Setelah mengetahui format SPJ berikut ini adalah contoh pembuatan SPJ untuk dana desa yang bisa kalian pelajari dengan mengacu pada format SPJ diatas.

1. Buat Lembar Dokumen di MS Excel

Pertama silahkan kalian buat lembar kerja pembuatan SPJ Dana Desa menggunakan microsoft Excel. Penggunaan microsoft Excel ini tentu bertujuan agar pembuatan Surat Pertanggungjawaban Dana Desa lebih mudah dan simple.

2. Mulai Membuat SPJ Dana Desa (SILTAP)

Setelah kalian sudah membuka lembar kerja microsoft Excel, maka langkah selanjutnya adalah menyusun semua data yang sudah kalian siapkan kedalam lembar Microsoft Excel tersebut. Dalam pembautannya pun hampir sama mudahnya dengan cara membuat surat lamaran kerja di MS Word.

Dimana untuk membuatnya kalian butuh 9 baris dan masukan pada baris tersebut dengan beberapa data seperti berikut ini :

  • Nomor
  • Nama
  • NPWP
  • Jabatan
  • Perincian
  • Jumlah
  • Pph
  • Pasal
  • Jumlah dibayarkan
  • Tanda tangan

Setelah itu silahkan kalian masukan semua data yang sudah kalian siapkan kedalam kolom baris yang dibuat sesuai dengan kebutuhan. Pastikan semua data yang kalian masukan sudah benar.

3. Masukan Identitas dan Keterangan

Untuk membuat contoh SPJ Dana Desa semakin sempurna, pastikan kalian menambahkan beberapa informasi penting seperti memasukan Identitas dan juga mencantumkan keternagan selengkap-lengkapnya mulai dari daftar penerimaan penghasilan didesa, kecamata, kabupaten, dan jangan lupa cantumkan pula tahun anggaran yang telah digunakan.

Sementara dibagian akhir pastikan kalian membubuhkan tempat untuk keternagan pembuatan SPJ dan juga tanda tangan dari kepala desa setempat. Hal ini untuk digunakan sebagai bukti penyetujuan SPJ tersebut.

Contoh SPJ

Bagaimana apakah kalian sudah mengetahui apa yang dimaksud SPJ dan juga cara membuatanya ? jika masih belum paham, silahkan kalian download saja contoh lembar kerja laporan SPJ untuk Dana Desa berikut ini:

Nah diatas merupakan beberapa contoh format SPJ untuk Dana Desa yang kali ini dapat tigasiku.com bagikan. Semoga dengan menyimak informasi diatas serta melihat beberapa contoh SPJ yang kami sampaikan kalian dapat membuat dan menyesuaikan SPJ dengan kebutuhan kalian. Sekian dan terimakasih.