3 Cara Menghapus Windows old di Win 7, 8, & 10 Mudah 2020

Cara Menghapus Windows old – Bagi pengguna sistem operasi windows mungkin tidak asing lagi dengan folder windows.old yang biasanya muncul di drive C atau drive system. Biasnaya folder tersebut akan muncul ketika kalian selesai melakukan update atau upgrade windows.

Namun folder windows.old tersebut tidak akan muncul ketika kalian melakukan instal ulang. Keberadaan folder windows.old tersebut memang bagi sebagian besar orang dianggap sangat mengganggu karena biasanya folder tersebut memiliki ukuran yang besar.

Bahkan pada saat artikel ini mimin buat dan coba cek ternyata di PC mimin ada folder windows.old dengan ukuran yang mencapi 3GB lebih. Tentunya ukuran tersebut cukup besar karena mimin hanya menggunakan SSD dengan kapasitas 120GB dan sudah terinstal banyak aplikasi dan file.

Sebenarnya apa sih folder windows.old tersebut dan apa sih fungsinya dan bagaimana cara menghapus windows old tersebut ? Mungkin pertanyaan tersebut saat ini ada di benak pembaca setia tigasiku.com sekarang ini.

Cara Menghapus Windows old Mudah

Cara Menghapus Windows Old

Oleh karena itu, lewat artikel terbaru ini akan sedikit kami coba jelaskan semua tentang windows.old tersebut termasuk juga beberapa panduan cara menghapus windows old baik untuk pengguna sistem operasi windows 7, 8, dan juga 10.

Apa Itu Windows old ?

Seperti kami jelaskan sebelumnya, bahwa folder windows.old merupakan folder yang akan muncul dan tampil di drive C setelah kalian melakukan update windows.

Yang dimana folder ini berisikan hasil backup dari sistem operasi yang kalian gunakan sebelumnya.

Fungsi Folder Windows.old

Seperti kami jelaskan diatas, folder windows.old merupakan folder yang terbuat atau muncul ketika kalian selesai melakukan update sistem operasi window yang kalian gunakan.

Dimana fungsi folder windows.old sendiri untuk digunakan ketika kalian ingin mengembalikan versi windows yang kalian gunakan sebelumnya ketika kalian merasa tidak nyaman atau terdapat masalah ketika sudah menggunakan versi windows terbaru.

Bolehkan Menghapus Folder Windows.old ?

Setelah mengetahui penjelasan mimin tentang apa itu folder windows.old dan juga apa fungsi dari folder tersebut, jika kalian bertanya bolehkan menghapus folder windows.old ? sebenarnya jawabannya pun simple.

Dimana semua itu tergantung dari kebutuhan kalian, jika dirasa update windows ke versi terbaru membuat kalian merasa nyaman dan tidak berencana melakukan restore windows, maka folder tersebut bisa kalian hapus.

Namun jika ternyata setelah kalian update windows dan teranyata ada beberapa hal yang tidak kalian inginkan atau bahkan membuat windows error. Maka kami sarankan jangan hapus folder windows.old tersebut.

Cara Menghapus Windows old

Bagi kalian yang tetap tertarik untuk menghapus folder windows.old tersebut. Maka tidak ada salahnya kalian simak dan lanjutkan membaca artikel ini hingga akhir.

1. Hapus dengan Disk Cleanup

Cara menghapus windows old yang paling mudah di lakukan yakni dengan menggunakan File Explorer bawaan windows. Untuk caranya adalah sebagai berikut.

1. Pertama silahkan masuk ke File Explorer kemudian klik Drive C.

2. Kemudian klik kanan pada drive C dan pilih Properties.

3. Silahkan pilih Disk Cleanup yang terlihat pada menu properties.

pilih Disk Cleanup

4. Tunggu beberapa saat hingga sistem melakukan scaning atau pembacaan file pada drive C.

5. Jika proses telah selesai, silankan kalian klik Clean Up System File seperti gambar dibawah ini.

Clean Up System File

6. Sampai disini kalian akan melihat tab baru. Pada tab ini silahkan centang pada pilihan Previous Windows Instalations dan klik OK.

Previous Windows Instalations

7. Klik Delete Files pada pop up yang muncul.

Delete Files

8. Kemudian silahkan kalian konformasi penghapusan file, jika benar akan kalian hapus, silahkan klik Yes.

Konfirmasi Penghapusan

2. Hapus Pakai CMD

Kemudian cara kedua untuk menghapus folder windows.old adalah dengan memanfaatkan fitur CMD yang ada pada sistem operasi windows milik kalian. Nah untuk menggunakan metode ini silahkan ikuti panduannya berikut ini.

1. Buka CMD yang ada pada windows kalian.

2. Setelah terbuka silahkan ketikan perintah takeown /F C:\\Windows.old\\* /R /A kemudian klik Enter.

Command Pertama

3. Jika berhasil, kemudian tuliskan lagi perintah cacls C:\\Windows.old\\*.* /T /grant administrators:F kemudian klik Enter untuk konfirmasi akses ke folder windows.old. Kemudian pilih Y dan tekan Enter.

Command Kedua

4. Terakhir silahkan ketikan perintah berikut ini pada CMD rmdir /S /Q C:\\Windows.old\\ dan tekan Enter. Yang dimana perintah tersebut digunakan untuk menghapus folder atau file windows.old.

Command Ketiga

5. Silahkan tunggu hingga proses penghapusan selesai. Dan kami sarankan untuk restart komputer setelah berhasil menghapus folder tersebut.

3. Dengan Storage Sense

Selanjutnya untuk para pengguna windows 10, kalian dapat melakukan pengahapusan folder windows.old dengan memanfaatkan fitur Storage pada mengu pengaturan. Dan caranya adalah sebagai berikut.

1. Buka menu setting pada windows 10 kalian.

2. Selanjutnya pilih karegori System pada halaman utama menu Setting.

Pilih System

3. Sampai disini, silahkan kalian pilih menu Storage yang ada di sebelah kiri.

Pilh Storage

4. Lalu klik pada opsi Configure Storage Sense or Run It Now.

Klik Configure Storeage Sense

5. Scroll ke bagian bawah silahkan klik Clean Now untuk menghapus file sampah termasuk juga file windows.old ini.

Klik Celan Now

Seperti itulah kiranya bagaimana caranya menghapus folder windows.old yang ada pada drive C atau drive System di perangkat komputer atau laptop kalian. Cukup mudah bukan? tentunya sama mudahnya dengan cara ganti password komputer yang sudah pernah kami bagikan. Nah semoga apa yang kami jelaskan dan terangkan diatas bisa bermanfaat.