13 Syarat & Cara Daftar Vaksin Gratis Usia 18 Tahun ke Atas 2021

Cara Daftar Vaksin Gratis – Pandemi Covid-19 di Indonesia memang belum berakhir, dimana hampir setiap harinya mengalami lonjakan kasus positif Covid-19 di beberapa kota-kota di Indonesia. Dengan melihat ini, Pemerintah terus berupaya untuk membuat solusi, salah satunya adalah dengan mengadakan program vaksinasi Covid-19 Nasional yang akan disasarkan untuk semua masyarakat di seluruh Indonesia.

Program vaksinasi Covid-19 saat ini akan mulai disasarkan kepada masyarakat umum yang berusia di atas 18 ke atas. Dimana sebelumnya pada tahap awal, vaksinasi diprioritaskan untuk para tenaga medis di seluruh Indonesia. Setelah target Nakes telah terpenuhi, vaksinasi tahap kedua selanjutnya diprioritaskan untuk masyarakat lanjut usia (Lansia) dan juga sektor publik.

Nah untuk saat ini masyarakat yang berusia 18 tahun ke atas sudah dapat mendaftarkan diri untuk menjadi penerima vaksin Covid-19. Penting diketahui bahwa vaksin gratis ini diberikan secara gratis tanpa adanya pungutan biaya. Masyarakat yang telah di vaksin juga nantinya akan menerima sertifikat tanda bahwa telah mengikuti program vaksinasi Covid-19. Lalu untuk daftar vaksin gratis, bagaimana cara dan apa saja syarat yang diperlukan?

Mengenai hal ini, di pertemuan kali ini tigasiku.com akan memberikan informasi lengkap seputar syarat dan cara daftar vaksin Gratis bagi masyarakat usia 18 ke atas. Penting diketahui bahwa syarat diperlukan sangatlah mudah dan tidak berbeda dengan syarat DAFTAR VAKSIN LANSIA, kemudian untuk cara daftar, kalian bisa melakukan pendaftaran melalui laman resmi vaksin.loket.com atau melalui aplikasi PeduliLindungi dan beberapa aplikasi lainnya. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak syarat dan cara daftar vaksin gratis yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Daftar Vaksin Gratis

Daftar Kota Penyedia Vaksinasi Covid-19 Gratis

Program Vaksin gratis telah dilakukan di sejumlah kota-kota besar di Indonesia. Kota tersebut meliputi, Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu di setiap kota juga telah bekerjasama dengan klinik, rumah sakit, Puskesmas dan lainnya yang bisa kalian datangi untuk daftar vaksinasi gratis. Ketahui juga bahwa biasanya setiap klinik akan menyediakan beberapa kuota vaksin gratis per hari yang dimulai sampai 4 sesi dengan waktu yang berbeda-beda. Untuk informasi akan hal ini, kalian bisa mencari info tersebut melalui dinas kesehatan setempat.

Syarat & Ketentuan Daftar Vaksin Gratis

Syarat Ketentuan Daftar Vaksin Gratis

Untuk soal persyaratan, seperti sudah kami singgung diatas bahwa syarat daftar vaksinasi Covid-19 ini cukup mudah. Dimana kalian hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen sebagai berikut:

  1. Peserta wajib membawa KTP dan merupakan WNI
  2. Berusia 18-49 tahun dapat membawa KTP atau KTP non DKI Jakarta.
  3. Hadir 15 menit sebelum jadwal kedatangan yang tertulis di e-voucher.
  4. Menjaga protokol kesehatan selama proses vaksinasi berlangsung.
  5. Menunjukkan bukti e-voucher agar bisa masuk ke area puskesmas dan mendapat layanan vaksinasi.
  6. E-voucher yang diterima bukan jaminan akan mendapat vaksinasi karena data di verifikasi ulang oleh sistem P-Care.
  7. Mereka yang datang tanpa mendaftar atau peserta datang di luar jadwal tidak mendapat layanan vaksinasi.
  8. Bagi peserta yang berobat rutin penyakit kronis, mereka dapat membawa surat rekomendasi vaksin dari dokter spesialis.
  9. Pelayanan vaksinasi di hari Sabtu hanya sampai pukul 12.00 WIB.
  10. Layanan vaksinasi tidak beroperasi pada hari Minggu atau hari besar.

Cara Daftar Vaksin Gratis Usia

Setelah mengetahui informasi syarat dan ketentuan daftar vaksin Gratis diatas, maka berikutnya kami akan memberikan informasi bagaimana cara atau prosedur daftar vaksin gratis Covid-19 usia 18 tahun ke atas berikut ini. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa kalian bisa melakukan pendaftaran melalui aplikasi PeduliLindungi, website resmi Loket.com dan aplikasi Shopee. Untuk lebih jelasnya simak di bawah ini tutorialnya.

1. Cara Daftar Vaksinasi Lewat PeduliLindungi

Cara Daftar Vaksinasi Lewat PeduliLindungi
  • Buka aplikasi PeduliLindungi
  • Di halaman awal PeduliLindungi langsung saja pilih menu “Jadi Partisipan”.
  • Berikutnya masukan nomor HP serta nama lengkap lalu pilih “Kirim OTP”.
  • Lalu masukan kode OTP dikirim via SMS dan ketuk “Verifikasi”.
  • PeduliLindungi akan meminta persetujuan akses bluetooth, ponsel, dan lokasi (GPS).
  • Setelah itu beri akses serta pilih “Menuju Beranda”.
  • Pada laman beranda, kalian bisa pilih ikon share untuk mengajak teman dan keluarga berpartisipasi. Tautan download akan dikirim ke mereka via SMS, WhatsApp, Twitter, maupun email.
  • Pastikan aplikasi PeduliLindungi selalu dalam keadaan terbuka agar aplikasi terus berfungsi.

Selain melalui aplikasi, kalian juga bisa melakukan daftar vaksin gratis lewat website PeduliLindungi dengan cara seperti berikut:

  • Buka laman resmi https://pedulilindungi.id/.
  • Kemudian langsung saja klik Pendaftaran Vaksinasi.
  • Masukan Nama serta nomor HP aktif.
  • Tunggu kode OTP dikirimkan ke nomor kalian.
  • Jika sudah, kalian akan diperlihatkan pada formulir pengajuan vaksinasi Covid-19.
  • Isi formulir pendaftaran tersebut dengan lengkap, lalu klik “Selanjutnya”.
  • Jika sudah kalian konfirmasi tentang informasi Penerima Vaksin.
  • Masukan kode verifikasi dikirimkan ke nomor HP kalian.
  • Selesai, kalian telah berhasil melakukan pendaftaran vaksinasi Covid-19.

2. Cara Daftar Vaksinasi Lewat Loket.com

Cara Daftar Vaksinasi Lewat Loket.com
  • Kunjungi laman vaksinasi.loket.com
  • Cari lokasi untuk vaksinasi
  • Pilih tanggal kedatangan
  • Pilih jam kedatangan
  • Isi data dengan lengkap
  • Pendaftaran selesai.
  • E-voucher akan dikirim melalui e-mail serta WhatsApp.

3. Cara Daftar Vaksinasi Lewat Shopee

Cara Daftar Vaksinasi Lewat Shopee
  • Langsung saja akses pendaftaran melalui kolom search dengan mengetik ‘Vaksin Gratis di Shopee’ atau bisa juga dengan cara alternatif melalui banner di halaman depan aplikasi Shopee di waktu-waktu tertentu.
  • Setelah muncul ke halaman Vaksin Gratis di Shopee, klik ‘Isi Formulir Sekarang’ serta lengkapi data diri untuk proses pendaftaran vaksin di Mal Artha Gading.
  • Pengguna harus mengirimkan data diri yang telah didaftarkan melalui halaman sebelumnya dan tunggu konfirmasi status pendaftaran tersebut dengan masa verifikasi maksimal 7 hari.
  • Setelah mendapatkan konfirmasi, status registrasi maksimal 7 hari kerja melalui notifikasi di aplikasi Shopee, dapat melanjutkan proses vaksinasi gratis sesuai informasi tertera di notifikasi.

Kesimpulan

Nah menarik kesimpulan dari pembahasan diatas, program vaksin gratis dari pemerintah ini memang bisa didaftarkan dengan syarat dan cara mudah. Selain itu program ini gratis tidak dipungut biaya sepeser pun. Jika ada pungutan biaya, kalian bisa laporkan ke pihak terkait mendukung adanya program vaksin gratis.

Itulah beberapa informasi lengkap dapat kalian simak diatas mengenai syarat dan cara daftar vaksin gratis Covid-19 untuk usia 18 tahun ke atas. Mungkin hanya ini saja yang bisa tigasiku.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.