13 Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja Terbaru 2020

Cara Daftar Kartu Prakerja – Pendaftaran kartu prakerja telah di buka resmi oleh pemerintah lewat situs terbarunya yakni prakerja.go.id. Adanya layanan kartu prakerja ini di harapkan akan mengurangi tingkat pengangguran dan membuat mereka bisa memiliki pekerjaan dengan mengikuti sebuah pelatihan.

Yang dimana sesuai dengan pemberitaan yang beredar, setiap peserta yang terdaftar dan memiliki kartu prakerja ini nantinya akan menerika bantuan uang tunai sebesar Rp 3.550.000. Adapun uang tersebut diberikan pemerintah kepada pemilik Katu Prakerja untuk keperluan biaya pelatihan dan juga insentif atau uang saku.

Lalu bagaimana caranya mendapatkan kartu prakerja ini? tentu saja anda harus mendaftar kartu prakerja sesuai dengan anjuran pemerintah. Yang mana cara daftara kartu prakerja sendiri bisa dilakukan setiap saat mulai dari 11 April 2020 hingga 4 November 2020 mendatang dengan kuota pertama yang disediakan adalah 164 ribu peserta.

Setelah berhasil melakukan pendaftaran, nantinya peserta diharuskan untuk melakukan pendaftaran ulang lewat gelombang yang sudah di tentukan sesuai dengan domisili. Dimana gelompang pertama akan di buka tanggal 16 April 2020 mendatang. Oleh karena itu bagi kalian yang belum memiiliki kartu prakerja silahkan mendaftarakan diri kalian.

Syarat & Cara Daftar Kartu Prakerja Terbaru

Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja

Salah satu keuntungan kartu prakerja bagi setiap pemilik yaitu akan mendapatkan kursus pekerjaan tanpa perlu membayar. Dengan begitu nantinya setiap peserta akan bisa mendapatkan pengalaman dari berbagai bidang pekerjaan. Yang tentu saja di harapkan akan menjadi modal utama mereka dalam bekerja atau membangun usaha.

Apa Itu Kartu Prakerja

Program kartu prakerja merupakan bentuk bantuan biaya pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja sasaran penerima yang di khususkan untuk orang berusia 18 tahun keatas dan yang pasti sedang tidak sekolah ataupun kuliah. Dan yang perlu di ketahui adalah bantuan ini hanya akan di berikan sekali seumur hidup untuk peserta.

Tujuan Kartu Prakerja

Sebelum masuk ke info proses cara daftar kartu prakerja, mungkin tentunya kalian harus paham dan tahu apa itu tujuan kartu prakerja. Yah, dikutip langsung dari situs resminya, di tuliskan bahwa tujuan utama dari kartu prakerja ini adalah mengembangkan kompetensi angkatan kerja dan juga meningkatkan produktivitas serta daya saing angkatan kerja.

Persiapan Pendaftaran

Bagi kalian yang ingin mengikuti program kartu prakerja. Ada beberapa persiapan yang harus kalian lengkapi terlebih dahulu. Salah satunya adalah akun prakerja. Jadi bagi kalian yang belum memilikinya, silahkan buat akun prakerja dengan mengikuti panduan cara buat akun prakerja yang sudah kami sampaikan sebelumnya. Dan berikut beberapa persiapan lainnya.

  1. Pastikan koneksi internet stabil
  2. Buat akun Kartu Prakerja
  3. Siapkan data diri seperti KTP atau yang lainnya

Syarat Mendaftar Kartu Prakerja

Sementara itu, bagi kalian yang sudah mengikuti panduan cara daftar akun prakerja di artikel tigasiku.com sebelumnya dan ingin membuat kartu prakerja. Maka berikut ada beberapa syarat yang harus kalian lengkapi dan penuhi. Dimana setidaknya ada 3 syarat utama yang harus di lengkapi yaitu:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Usia minimal 18 tahun
  3. Tidak sedang sekolah/kuliah

Cara Daftar Kartu Prakerja

Apabila semua persiapan dan juga syarat daftar kartu prakerja sudah kalian siapkan. Tentunya tahapan selanjutnya adalah mulai menyelesaikan cara daftar kartu prakerja ini. Untuk lebih jelasnya mengenai proses pendaftarannya berikut kami informasikan secara lengkap.

1. Setelah selesai dan berhasil membuat akun prakerja, silahkan masuk ke akun dan masuk ke bagian dashboard

2. Dihalaman dashboard silahkan isi verifikasi KTP kalian dengan mengisi semua form yang teresedia dan klik berikutnya

Verifiksai KTP

3. Masuk pada bagian ini, silahkan lengkapi data diri kalian serta upload foto KTP dan foto selfie kalian dengan memegang KTP

Lengkapi Data Diri

4. Lalu, lanjutkan dengan verifikasi nomor HP dengan memasukan lengkap nomor HP yang kalian akan gunakan dan klik Kirim

Verifikasi Nomor HP

5. Anda akan menerima kode OTP dari pihak kartu prakerja ke nomor HP yang anda gunakan

6. Masukan kode OTP tersebut ke form pendaftaran seperti berikut ini, kemudian klik Verifikasi

Masukan Kode OTP

7. Kemudian silahkan kalian isi pernyataan pendaftaran seperti berikut ini dan jika sudah klik Oke

Isi Pernyataan Isi Pernyataan 1

8. Sampai disini kalian harus melakukan Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar, jadi silahkan klik Mulai Tes Sekarang

Test Motivasi

9. Apabila sudah mengisi tes, maka tes akan di evaluasi oleh pihak Prakerja dan silahkan tunggu sebentar, setidaknya butuh waktu 5 menit. Namun jika belum ada hasil setelah menunggu 5 menit, kalian klik Refresh

Klik Refresh

10. Langkah terakhir adalah memilih Gelombang yang kalian inginkan sesuai dengan domisili kalian

Pilih Gelombang

Sebenarnya cara yang di tawarkan memang cukup mudah dan simple.  Karena kita bisa melakukan pendaftaran secara online di manapun kita berada dan bisa menggunakan media apa saja seperti smartphone ataupun PC dan Laptop.

Akan tetapi hal yang perlu di perhatikan dalam proses pendaftaran diatas adalah memahami alur pendaftaran sesuai dengan yang sudah kami jelaskan diatas. Dimana kalian harus melakukan verifikasi data diri termasuk upload foto KTP dan foto selfie dengan jelas dan jernih.

Dengan begitu anda akan bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Namun tidak menutup kemungkinan hasil dari tes motivasi yang di lakukan pada tahapan pendataran diatas pun juga menjadi penentunya. Itulah kiranya informasi yang bisa kami bagikan tentang cara daftara kartu prakerja semoga bermanfaat.