5 Cara Cek BPOM Online Lewat Aplikasi Terbaru 2020

Cara Cek BPOM – Maraknya penggunaan berbagai macam bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh manusia pada beberapa produk seperti makanan, obat, dan juga kosmetik membuat kita sebagai konsumen harus benar-benar pintar dalam memiliki produk-produk tersebut. Pasalnya sampai dengan saat ini sudah banyak kasus terkait zat berbahaya dalam produk-produkt tertentu.

Untuk menghindari penggunaan produk yang tidak sehat bagi tubuh, ada baiknya ketika membeli sebuah produk baik itu makanan, obat, ataupun kosmetik, pastikan produk-produk tersebut sudah memiliki sertifikasi BPOM yang biasanya di tunjukan dengan menggunakan nomor atau berupa barcode. Yang dimana biasanya nomor atau barcode tersebut ada pada bagian kemasan produk.

Dengan adanya sertifikasi BPOM tersebut, bisa dipastikan bahwa produk yang kalian pilih sudah lulus uji kesehatan. Jadi kalian bisa menggunakan atau mengkonsumsinya tanpa takut efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Meski begitu lagi-lagi kami ingatkan bahwa kalian benar-benar harus menjadi pembeli yang pintar.

Pasalnya sekarang ini sudah banyak tangan-tangan tidak bertanggung jawab yang memberikan label sertifikasi BPOM palsu pada produk yang mereka jual. Maka dari itu untuk memastikan bahwa sertifikasi BPOM tersebut benar dan sesuai, kalian harus melakukan pengecekan. Yang dimana untuk sekarang ini cara cek BPOM sudah lebih di permudah.

Cara Cek BPOM Online Lewat Aplikasi

Cara Cek BPOM Online Terbaru

Pasalnya sekarang ini sudah ada layanan cek BPOM secara online yang bisa kita lakukan baik lewat website ataupun lewat aplikasi resmi BPOM. Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, akan tigasiku.com bagikan panduan cara cek BPOM yang baik dan benar agar kalian bisa lebih berhati-hati dalam menggunakan produk yang kalian beli.

Apa Itu BPOM ?

Mungkin masih ada beberapa diantara kalian yang belum mengetahui apa itu BPOM. Tapi tenang saja, karena akan kami jelaskan secara rinci disini. BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan merupakan sebuah lembaga di Indonesia yang memiliki tugas untuk mengawasi seluruh makanan dan obat-0batan yang beredar di pasar Indonesia.

Dengan adanya lembaga ini pemerintah memastikan bahwa seluruh produk baik itu obat, suplemen, dan juga makanan yang sudah mendapatkan label atau nomor registrasi BPOM dipastikan aman untuk di konsumsi. Karena dalam sebelum nomor registrasi di keluarkan oleh pihak BPOM, produk-produk tersebut telah melewati uji coba di laboraturium khusus milik BPOM.

Kenapa Harus Cek BPOM ?

Kenapa Harus Cek BPOM

Lalu kenapa kita harus melakukan cek BPOM tersebut ? seperti yang kami jelaskan diatas tentu saja untuk memastikan bahwa produk yang kita beli dan produk yang akan kita konsumsi benar-benar sudah mendapatkan sertifikasi yang sah dan resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Dengan begitu bisa dipastikan bahwa setiap kandungan yang terdapat didalam produk tersebut tidak akan membuat para pengguna mendapatkan masalah kesehatan. Terutama dari dampak bahan-bahan kimia yang biasanya terkandung didalam produk tersebut.

Panduan Cara Cek BPOM

Setelah mengetahui apa alasan kenapa kita harus selalu melakukan pengecekan nomor registrasi BPOM dari sebuah produk yang kita beli. Mungkin ada dari kalian yang bertanya-tanya bagaimana cara cek BPOM tersebut. Nah dari pengalaman yang kami dapatkan, setidaknya ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk mengecek nomor BPOM tersebut. Apa saja ?

1. Cek Nomor BPOM Manual

Cek BPOM Manual

Salah satu metode yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap produk dengan memanfaatkan nomor registrasi BPOM yaitu metode manual. Yang dimana dalam metode ini pihak BPOM mengkampanyekan CeKLIK yang merupakan sebuah prosedur pengecekan izin edar dari BPOM secara manual. Lalu bagaimana caranya ?

  • Cek : Merupakan perintah untuk melakukan pengecekan.
  • K : Cek Kemasan untuk mengetahui kondisi kemasan masih baik atau tidak.
  • L : Cek Label untuk mengetahui informasi  produk yang tercantum.
  • I : Cek Izin Edar, pastikan bahwa produk yang ingin kalian beli sudah atau telah memiliki izin edar terutama dari pihak BPOM.
  • K : Cek Kadaluarsa yang dimana untuk memastikan bahwa produk yang ingin kalian beli masih dalam masa layak pakai alias belum kadaluarsa.

2. Cara Cek BPOM Online

Cara Cek BPOM Online

Kemudian cara cek nomor registrasi BPOM yang selanjutnya juga dapat kalian lakukan dengan memanfaatkan layanan website atau situs resmi milik BPOM. Website tersebut dikhusukan untuk melakukan pengecekan produk secara online lewat peramban yang kalian gunakan. Adapun Cara mengeceknya adalah :

  1. Buka browser pada PC atau HP yang kalian gunakan.
  2. Kemudian kunjungi situs resmi cek produk BPOM di alamat https://cekbpom.pom.go.id/.
  3. Kemudian di halaman utama pastikan kalian melihat tulisan CEK PRODUK. Jika melihat, silahkan pilih nomor registrasi pada menu cari berdasarkan.
  4. Masukan Nomor Registrasi yang terdiri dari kombinasi angka dan huruf sebanyak 13 sampai 15 digit dari produk yang kalian dapatkan atau beli ke dalam kolom Kata Kunci.
  5. Setelah memastikan bahwa nomor registrasi BPOM yang kalian masukan sudah benar dan sesuai, silahkan tap menu Cari.
  6. Tunggu hingga hasil pencarian ditemukan, jika data yang kalian masukan benar maka seluruh data dari nomor registrasi tersebut akan muncul. Dengan begitu bisa dipastikan produk aman dan sudah berlisensi.
  7. Namun jika produk yang kalian cek tidak menampilkan data maka bisa diartikan bahwa produk tersebut masih ilegal bahkan bisa saja memiliki kandungan yang berbahaya bagi tubuh.

3. Cek Nomor BPOM lewat Aplikasi

Cara Cek BPOM lewat Aplikasi

Selain dengan menggunakan metode diatas, seperti yang kami sampaikan diatas. Kali ini kalian juga bisa melakukan pengecekan pada produk yang kalian beli lewat aplikasi resmi BPOM. Bahkan cara ini bisa dibilang cukup mudah dan simple. Untuk menggunakannya silahkan ikuti panduan dibawha ini.

  1. Pertama silahkan downlod aplikasi Cek BPOM untuk perangkat android di Playstore. Aplikasi ini gratis dan tidak di pungut biaya.
  2. Setelah berhasil terinstal ke perangkat kalian, silahkan buka aplikasi tersebut untuk menggunakannya.
  3. Pada halaman utama kalian akan melihat dua metode pengecekan yaitu cek dengan menggunakan nama produk ataupun cek dengan menggunakan nomor registrasi.
  4. Silahkan pilih salah satu dan masukan data yang diminta kemudian tap menu Cari.
  5. Apabila terdaftar, maka kalian akan melihat detail informasi dari produk tersebut.
  6. Namun apabila kalian tidak menemukan jawabannya atau hasil, maka bisa diartikan bahwa produk tersebut tidak terdafter di badan POM.

Nah seperti itulah kiranya prosedur atau cara cek BPOM online dan manual yang kali ini bisa kami sampaikan. Jangan lupa baca pula artikel menarik lainnya seputar cara cek kesehatan hardisk PC atau laptop yang sudah kami sampaikan sebelumnya.

Semoga apa yang sudah kami rangkum diatas bisa bermanfaat dan bisa menjadi panduan yang mudah untuk kalian ikuti ketika melakukan pengecekan produk yang kalian beli terutama untuk cek BPOM Kosmetik, Suplemen, Obat, dan juga makanan.