7 Cara Bayar NPWP di Kantor POS 2021 : Syarat & Biaya

Cara Bayar NPWP di Kantor POS – NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) ialah pajak yang wajib dibayarkan oleh orang-orang dengan pendapatan atau penghasilan Rp 5 juta ke atas per bulannya. Dengan kata lain, NPWP merupakan sebuah tanda pengenal bagi orang yang diwajibkan untuk membayar pajak.

Saat ini pembayaran pajak NPWP sudah dapat dilakukan dengan berbagai macam cara atau metode, salah satunya yaitu melalui kantor POS Indonesia. Pembayaran NPWP lewat kantor POS Indonesia ini bisa menjadi solusi tepat dalam pembayaran pajak secara mudah, cepat serta hemat.

Meskipun tata cara pembayarannya tergolong mudah dan cepat, namun masih ada sebagian orang di luar sana masih bingung bagaimana alur atau prosedurnya. Namun, sebelum melunasi pajak NPWP, terdapat beberapa syarat beserta ketentuan yang harus dipenuhi oleh wajib pajak.

Oleh sebab itu, sebelum mengunjungi kantor POS untuk melunasi tagihan, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu apa saja syaratnya serta bagaimana langkah-langkah melakukannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara bayar NPWP di kantor POS.

Cara Bayar NPWP di Kantor POS Terbaru

Syarat Bayar NPWP di Kantor POS

Seperti dijelaskan di atas, ketika hendak membayar NPWP di kantor POS, tentunya wajib pajak diharuskan memenuhi semua syarat dan ketentuannya. Salah satu ketentuannya yaitu melunasi tagihan sesuai dengan PERHITUNGAN PAJAK PENGHASILAN.

Selain itu, terdapat juga beberapa dokumen atau berkas penting perlu dipersiapkan di dalam proses pembayarannya. Adapun sejumlah dokumen penting tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • NPWP pribadi.
  • Kartu identitas diri seperti KTP.
  • Melampirkan SSP (Bukti Pembayaran Pajak) 4 rangkap.
  • Sejumlah uang tunai.
Baca  6 Cara Bayar BPJS Melalui ATM BRI Terbaru 2021

Cara Bayar NPWP di Kantor POS

Setelah memenuhi semua syarat beserta ketentuan pembayaran NPWP di kantor POS, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana alur pembayarannya. Daripada penasaran, berikut akan kami jelaskan tata cara bayar NPWP di kantor POS mengunakan metode E-Billing (kode billing).

1. Kunjungi Kantor Pos

Kunjungi Kantor Pos

Langkah pertama, silahkan kunjungi kantor POS terdekat di daerah kalian. Jangan lupa untuk membawa seluruh dokumen atau berkas persyaratan seperti dijelaskan di atas.

2. Serahkan Dokumen Persyaratan

Serahkan Dokumen Persyaratan

Setelah sampai di kantor POS, silahkan temui salah satu petugasnya dan utarakan maksud kalian untuk membayar NPWP. Nantinya kalian akan diminta untuk menyerahkan semua dokumen persyaratannya.

3. Petugas Mencetak Kode Billing

Petugas Mencetak Kode Billing

Serahkan juga SSP 4 rangkap yang sudah diisi dengan lengkap serta ditandatangani ke petugas. Kemudian petugas akan segera merekam dan mencetak kode billing yang diterbitkan di tingkatan sistem .

4. Bayar Pajak NPWP

Bayar Pajak NPWP

Lalu periksa kembali bahwa isi cetakan kode billing sudah benar. Jika sudah, silahkan kalian menandatanganinya. Terakhir, silahkan bayar pajak NPWP sesuai dengan besaran yang sudah ditentukan sebelumnya. Tunggu beberapa saat sampai petugas berhasil mencetak resi atau struk sebagai bukti sah pembayaran.

Biaya Layanan Bayar NPWP di Kantor POS

Biaya Layanan Bayar NPWP di Kantor POS

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap bagaimana cara bayar NPWP di kantor POS mengunakan metode E-Billing. Perlu diketahui, ketika seorang wajib pajak membayarkan pajaknya NPWP melalui kantor POS, maka mereka akan dikenai biaya administrasi tambahan.

Umumnya besaran biaya transaksi atau biaya layanan pembayaran NPWP tersebut tidak akan terlalu besar, kurang lebih sekitar Rp 3.500 saja. Akan tetapi, besaran biaya layanan tersebut juga bisa berbeda untuk beberapa wilayah tergantung pada kebijakan masing-masing kantor POS.

Baca  7 Cara Bayar BPJS Lewat Mobile Banking Mandiri Terbaru 2021

Keuntungan Bayar NPWP di Kantor POS

Keuntungan Bayar NPWP di Kantor POS

Sebagaimana diketahui, ketika seseorang membayar tagihan pajak NPWP melalui kantor POS, maka mereka akan mendapat sejumlah keuntungan. Nah, di bawah ini sudah kami rangkum beberapa keuntungan ketika membayar NPWP di kantor POS.

  • Pembayaran menjadi lebih cepat karena sebagian proses pembayaran sudah dilakukan secara online.
  • Tata cara pembayarannya tergolong sangat mudah untuk dilakukan.
  • Data lebih akurat karena menggunakan metode E-Billing.
  • Kantor POS sudah tersedia di setiap kecamatan.
  • Pelayanan kantor POS lebih prima serta berkualitas.

Itulah sekiranya penjelasan dari Tigasiku.com seputar cara bayar NPWP di kantor POS dilengkapi dengan syarat beserta besaran biaya layanannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak membayar NPWP di kantor POS terdekat.